Oleh: pohonzaitun | November 26, 2010

Jenis-jenis minyak zaitun

Minyak zaitun memang mempunyai manfaat yang sangat besar sekali. Minyak zaitun termasuk dalam minyak esensial tinggi karena tingginya kandungan lemak tak jenuh (asam oleat) serta polyphenol yang berfungsi sebagai anti oksidan yang sangat berguna bagi daya tahan tubuh kita.

Berdasarkan cara pengolahannya minyak zaitun dibedakan menjadi dua, yaitu:

a. Virgin Olive Oil
Minyak zaitun yang diperoleh dari hasil extract (pengepresan) buah zaitun secara physic tanpa ada tambahan bahan kimianya

b. Refined Olive Oil
Minyak zaitun yang dihasilkan, ditambahkan zat kimia dengan tujuan menetralisasi rasa alami dan kandungan asamnya. Jenis minyak ini merupakan minyak zaitun golongan kedua.

Sedangkan berdasar tingkatan kualitas minyak yang dihasilkan terbagi menjadi :

a. Extra Virgin Olive Oil
Merupakan minyak zaitun kualitas terbaik yang diperoleh dari pengepresan (extraction) pertama dan tingkat keasamannya kurang dari 0,8%. Pada minyak ini tidak ditambahkan zat kimia.
b. Virgin Olive Oil
VOO merupakan minyak kualitas kedua setelah Extra Virgin Olive Oil, dengan kandungan keasaman kurang dari 2%, dan memiliki cita rasa terbaik dianatara tingkatannya. Pada minya ini juga tidak ditambahkan zat kimia.

c. Olive Oil
Minyak zaitun yang diperoleh dari hasil pencampuran antara Virgin Olive Oil dan Refined Olive Oil, memiliki lebih dari 1% keasaman, dan aromanya telah berkurang.

d. Olive Pomace Oil
Jenis minyak ini terbuat dari campuran Refined Olive Oil dan sedikit Virgin Olive Oil. Minyak ini jarang di jual di pasaran, biasanya digunakan untuk masakan di restoran.

e. Lampante
Minyak ini tidak digunakan untuk konsumsi, tetapi digunakan sebagai bahan bakar lampu penerangan pada jaman dahulu. Sekarang minyak Lampante lebih banyak digunakan sebagai bahan bakar industri.

share

 


Tanggapan

  1. […] Sumber: https://griyazaitun.wordpress.com/2010/11/26/jenis-jenis-minyak-zaitun/ Share this:ShareFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. […]


Tinggalkan komentar

Kategori